بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
ANDA MENDERITA AMBIEN/WASIR? DISINI ADA JAWABANNYA. ANDA KESULITAN MENCARI KOSA-KATA BAHASA BANJAR PAHULUAN? DI SINI TERSEDIA KAMUS MINI BAHASA BANJAR. ATAU ANDA INGIN TAHU SEPUTAR HULU SUNGAI TENGAH? SILAKAN JELAJAH LAMAN INI (By : SYAFRUDDIN)
DUNIA ADALAH TEMPAT MENCARI BEKAL UNTUK KEHIDUPAN SETELAH MATI

Senin, 28 Desember 2009

KAMUS MINI BAHASA BANJAR BARABAI(BAHASA BANJAR HULU SUNGAI)


Acan                      : Terasi
Acil                         : Paman/Tante
Ampih                   ; Berhenti
Andak                   : Taruh
Ba’isukan             : Pagi
Babuncilak          : Membuka mata
Badadas               : Tergesa-gesa, diburu waktu
Bagarunum         : Bergumam
Bahahar               : Meraba-raba dalam kegelapan; mencari sesuatu yang tidak dapat dilihat oleh mata
Bajurut                 : Beriring-iringan
Bakarubut/Bamantukan               : Berkumpul (pasangan suami isteri yang sempat berpisah, kemudian rujuk kembali)
Bakayukut           : Merangkak naik sedikit demi sedikit dengan sangat susah payah
Bakuciak              : Berteriak
Bakunyung         : Berenang
Balu                       : Janda/duda
Bancir                    : Waria/banci
Bangang               : Kurang pendengaran
Bapara/badatang: Meminang/melamar
Baricau                 : Gaduh  (semua bercakap dan berbincang semaunya)
Batianan              : Hamil
Baung                   : Sejenis ikan gabus namun ukurannya lebih besar. Terkadang digunakan sebagai personifikasi  untuk  menyebut pria hidung belang (suka naksir wanita)
Bilungka               : Ketimun
Bubuhan              : Kelompok
Bukah                   : Lari
Bungas                 : Cantik
Bunil                      : Anting
Buntat                  : Tidak bisa meledak, kebal
Burit                      : Pantat
Butah                    : Ransel khas suku Dayak (terbuat dari rotan)
Cangkal                                :Bekerja keras tanpa mengenal lelah/pantang menyerah
Cangkarih            : Cekatan, gesit
Capal                     : Sendal dari karet
Dandaman          : Kangen, Rindu
Dangsanak          : Sebutan untuk hubungan kekeluargaan antar kakak beradik
Dauh                     : Beduk
Gabis/Jabis         : Jambang
Galapung             : Tepung
Galianan              : Geli
Galung                  : Sanggul
Ganyir                   : Amis
Garancaian         : bunyi tak beraturan pada sepeda yang sudah hampir hancur, suara benturan antara piring atau gelas
Guguduh             : Pisang Goreng
Gulu                      : Leher
Gumbili                                : Ubi
Guring                  : Tidur
Hakun                   : Mau
Hangit                   : Gosong
Hanta                    : Tidak berselera
Haran                    : Boros
Haruk                    : Bau busuk
Haur/Aur             : Sibuk
Hibak                     : Penuh
Higa                       : Samping
Hinak                     : Nafas
Hinip                      : Sunyi
Hintalu                  : Telur
Hungang              : bodoh dan tuli
I’incaan                                : Pura-pura
Ikam                      : Kamu
Ilung                      : Enceng Gondok
Intil                        : Hampir jatuh, rawan
Iruan                     : Lebah
Jagau                     : Jago
Jimus                     : Basah Kuyup
Jujuran                 : Mahar
Kada                      : Tidak
Kadap                   : Gelap
Kadut                    : Karung
Kakamban           : Selendang
Kalimbuai            : Keong
Kalulut                  : Triguna (serangga)
Kalum                   : Terumpah
Kamarian             : Sore
Karamput            : Dusta/ bohong
Kasisiur                 : Capung
Katur                     : Nyeri
Kawa                     : Bisa, Mampu
Kijip-kijip             : Kelap kelip
Kuitan                   : Orang tua (ayah ibu)
Kukurihan           : Keadaan dimana seseorang sedang menginginkan sesuatu makanan disaat bekerja/santai
Kula                       : Keluarga ( hubungan kekeluargaan dari garis ibu atau ayah, termasuk besanan)
Kuler                     : Malas
Kumpai                 : Rumput
Kurihing               : Senyum
Kutang                  : BH
Laip                        : pingsan/menagis yang sangat berlebihan  (biasanya pada bayi)
Pingkut                 : pegang
Lakatan                                : Beras Ketan
Lalaran                  : Tali yang dibentangkan untuk menjemur pakaian
Lamak                   : Gemuk
Landap                 : Tajam
Landau                 : Tungkai, betis
Langsat                 : Duku
Lingkau                  : Lewat
Larang                   : Mahal
Lawang                 : Pintu
Limpas                  : Melebihi daya tampung ; air yang sudah diisi penuh hingga meluber keluar dari tempatnya
Lincar                    : Licin (dalam konteks jalan tanah  yang basah sehingga orang mudah tergelincir
Lingis                     ; Habis
Lintuhut               : Lutut
Liwar                     : Terlalu
Ma’unjun            : Memancing
Malandau            : Bangun tidur kesiangan
Mancilang           : Mengkilap
Mancuntan         : Mencuri
Mandai                 : Kulit cempedak yang sudah dibersihkan duri-durinya dan telah diawetkan (salah satu bahan makanan pembangkit selera makan)
Manggah mungguh: Tersengal-sengal
Manggah             : Bernafas cepat (semacam penyakit TBC)
Maraju                 : Ngambek
Maram                 : Mendung
Muar                     : Benci
Muntung             : Mulut
Padaringan         : Tempat memasak, tempat menaruh alat-alat memasak (bagian dari dapur)
Pagat                     : Putus
Palatar                  : Serambi
Pamalar                : Kikir
Papuyu                 : Ikan Betok
Parak                     : Dekat
Paring                   : Bambu
Paring                   : Bambu
Pasahapan          : Sajadah
Picak                      : Buta/tidak melihat
Pintit                     : Ikan lele
Pucirin/pacirin   : cumberan
Puga                      : Baru
Pumput                                : Buntu
Ranjah                  : Tabrak, Taranjah=Tertabrak
Ringkau                                : Tinggi, Jangkung
Salajur                  : Sekalian, sekaligus
Salawar                                : Celana
Salipi                      : Dompet
Sarik                      : Marah
Sawat                    : Sempat
Sisingut                                : Kumis
Siup                       : Pingsan, tak sadarkan diri
Sugih                     : Kaya
Tabuk                    : Gali
Tabuncalak         : Terbelalak
Taguh                    : Kebal, tidak bisa dilukai
Tahingal               : Tersengal-sengal
Tajangak/Tajangal: Lemas karena kecapean
Takelolong          : Melengkung
Takilipan              : tidur ayam, tidur sekejap
Takuk                    : Penyakit gondok
Tampulu/tampuli: Mumpung
Tampungas         : Cuci Muka
Tampuyak           : Isi durian/duren yang sudah diawetkan/diasinkan
Taparabut           : Menginginkan hal yang sama (mis: dua orang pria mengincar seorang gadis yang sama)
Taparuhui            : Sepakat, suka sama suka
Tapas                    : Cuci, Tapasan=cucian
Tapih                     : Sarung
Taradak                                : Padi yang tumbuh dilahan persemaian dan siap untuk ditanam dipersawahan
Tarubuh               : Terjatuh
Tawak/Tukun    : Lempar
Tingka                   : Pincang
Tukul                     : Palu
Tutujah                                : Alat tradisonal untuk menanam padi
Tuyuk                    : Tumpuk
Unjun                   : Kail
Utas                       : Cincin
Waluh                   : Labu, terkadang dimaknakan sebagai ungkapan ‘telat mikir’/bodoh
Wangal                 : Orang tidak normal tetapi bukan gIla (bertingkah laku aneh), idiot
Warang                                : Sama Nama
Wasi                      : Besi
»»  Baca Selengkapnya...

Jumat, 25 Desember 2009

MAKANAN KHAS DAN UNIK


Lain ladang lain belalang, lain lbuk lain ikannya. Lain daerah lain pula adat istiadatnya. Pepatah ini lebih mencerminkan keanekaragaman bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, dan bahasa daerah, namun tetap satu sebagai bangsa Indonesia.Tak terkecuali soal makanan yang berbeda-beda dimasing-masing daerah. Walaupun nama dan jenisnya sama, sebut saja soto Madura dan soto Banjar; ternyata rasa kedua soto ini berbeda. Demikian juga gudeg Yogyakarta, gado-gado Jakarta, mempunyai ciri khas masing-masing.

Berbicara tentang makanan khas daerah, ternyata di Kalimatan Selatan, khususnya Barabai banyak ditemukan jenis-jenis makanan khas. Di daerah ini dikenal iwak pakasam, pais waluh, sarawa/kolak pisang, cengkaruk, rimpi, apam/surabi, dll.

Iwak pakasam/iwak wadi merupakan jenis ikan betuk/pepuyu, ikan sepat atau ikan gabus yang sudah diawetkan dengan campuran garam dan samu (beras yang disangrai), sehingga rasanya asin keasam-asaman. Bagi merke yang selera makannya sangat kurang, akan segera terangsang seleranya jika disajikan jenis makanan ini. Apalagi jika disertai dengan jenis sayuran pucuk gumbili (daun muda ketela pohon) yang lebih dikenal dengan sebutan urap.

Pais waluh merupakan kue yang terbuat dari buah labu dicampur dengan tepung dan sedikit gula dikemas dke dalam daun pisang, kemudian dikukus atau bisa juga direbus.

Berbeda dengan pais waluh, sarawa/kolak pisang merupakan kue yang dibuat untuk konsumsi dikalangan sendiri/keluarga yang bersangkutan. Artinya jarang yang membuatnya untuk diperjual belikan. Terbuat dari pisang setengah masak diiris kecil-kecil, direbus bersama gula merah dan santan kelapa. Kue ini sangat jarang diperdagangkan, kecuali pada saat bulan puasa, banyak ditemukan dipasar-pasar Ramadhan di Kalimantan Selatan.

Hampir sama dengan sarawa/kolak pisang, cengkaruk yang terbuat dari bahan beras ketan yang digoreng kemudian dihaluskan bersama-sama dengan gula merah. Kue ini hanya dibuat oleh warga Banjar menjelang lebaran sehingga agak sulit didapakan dipasaran pada hari-hari biasa. Dibanding dengan kue yang lain, cengkaruk merupakan kue khas yang paling tradisional, dan hampir dilupakan.

Ada satu jenis lagi penganan khas dan unik untuk membangkitkan selera makan. Orang-orang diluar masyarakat Banjar mungkin tak mengira kalau penganan tersebut adalah berasal dari kulit cempedak. Proses pembuatannya, kulit cempedak masak yang sudak diambil isinya, dibuang duri-duri luarnya, kemudian direndam dalam air yang sudah diberi garam selama lebih kurang 3 hari. Setelah itu silakan digoreng atau diapakan saja, pasti selera makan anda akan bergairah.

»»  Baca Selengkapnya...

KEKUATAN DI BALIK ‘CINCIN BATU’ DAN ‘BESI TUA’

Setiap orang dari kalangan dan unsur manapun pasti mempunyai kegemaran pribadi yang tidak bisa dihilangkan. Dari kegemaran yang bersifat hiburan sampai yang bersifat pemikiran. Dari yang berbau mistik sampai yang berbentuk realitas duniawi. Dari yang baik sampai yang jelek. Dari yang sederhana sampai yang rumit. Seperti kegemaran memancing (mancing mania), mengumpulkan prangko/filateli (sekarang mana prangkonya ya, diganti ngumpulin sms kali ya), membaca, olah raga, melukis, bermain catur, berdebat, dll.
Dari sekian banyak kegemaran tersebut, terdapat salah satu kegemaran yang agak langka, unik dan tak banyak diketahui orang, yakni kegemaran mengoleksi cincin yang matanya terbuat dari batu, dan besi-besi tua yang diyakini mempunyai kekuatan gaib bagi yang memakainya. Keyakinan itu dilandasi dari pengalaman hidup masyarakat tempo dulu. Pada masa itu orang per orang selalu berhadapan dengan berbagai gangguang yang membahayakan diri sendiri. Oleh karena itu mereka melengkapi diri dengan berbagai benda yang diyakini mempunyai kekuatan gaib tadi. Al hasil, ketika itu banyaklah orang-orang yang tahan ditembak, kebal terhadap benda-benda tajam (bahasa Barabai-nya: taguh), dan mampu melebihi kekuatan normal manusia. Konon hal itu disebabkan karena mereka memakai benda-benda seperti cincin atau besi-besi tua tadi. Dan itu berlanjut sampai sekarang, walau dalam jumlah yang terbatas.
Kebanyakan orang orang hanya mengenal jenis batu permata seperti batu akik, pirus, zamrud, yakud,dll. Namun hanya sedikit yang tahu tentang jenis batu lain seperti yang dinamakan ‘buntat tadung, buntat sawa, batu petir’, dll. Yang terakhir ini diyakini mempunyai kekuatan gaib.
Demikian pula hanya sedikit orang yang mengenal jenis-jenis besi seperti besi kuning, besi putih, dan besi-besi tua lainnya berupa keris-keris warisan zaman lampau yang diyakini juga memiliki kekuatan gaib luar biasa.
Pada umumnya kegemaran mengumpulkan/mengoleksi benda-benda tersebut karena beberapa alasan, diantaranya karena peruntungan nasib yang lebih baik, sebagai perisai diri (pelindung terhadap berbagai gangguan), kekebalan tubuh, dan karena prestise (termasuk didalamnya sebagai perhiasan belaka). Benda-benda itu pada akhirnyabernilai jual yang tinggi sampai jutaan rupiah. Suatu nilai yang sulit distandarisasikan dengan barang-barang lain. Mengingat nilai itu sifatnya relatif dan tergantung pada intensitas kepentingan orang yang memerlukannya.

Peruntungan Nasib
Bila seseorang memakai cincin batu, sering dikait-kaitkan dengan peruntungan nasib orang yang memakainya. Bahkan terkadang terlalu diyakini, sehingga lupa pada yang lebih kuasa, Allah SWT. Namun sebaliknya jika cincin batu yang dipakainya akan mengakibatkan bala/sial, nasib kurang mujur, atau mengurangi rezeki, maka pemiliknyamenjadi resah dan tidak tenang.
Menurut beberapa kalangan penggemar cincin batu, ada jenis batu yang bila dipakai dijarinya akan mendatangkan/menimbulkan rasa simpati orang padanya, dan dirinya akan akan disukai oleh orang banyak, mudah mencari rezeki, dan bahkan katanya ada jenis batu yang mampu meluluhkan kerasnya hati seorang wanita sehingga berbalik mencintai pria penggoda yang kebetulan memakai cincin dimaksud. Suatu benda yang sangat dicari oleh para pria hidung belang.

Perisai Diri
Kegemaran mengoleksi cincin batu dan besi-besi tua tidak hanya dilandasi pada kekuatan peruntungan nasib tadi, tetapi juga karena dilandasi suatu keperluan untuk keselamatan diri terhadap berbagai gangguan. Sebut saja misalnya batu ‘buntat tadung atau ‘buntat sawa’ bisa memberikan kekuatan pada seseorang sehingga tahan ditembak, kebal terhadap benda tajam,dll. Demikian juga ‘besi kuning’ katanya bisa memberikan kekebalan tubuh terhadap benda-benda tajam (pisau, parang, keris, dll).
Ada pula besi tua yang tidak memberikan kekuatan secara langsung kepada pemakainya, namun mampu mengingatkan/membangunkan disaat pemiliknya tertidur pulas sementara harta dan kekayaannya terancam kehilangan. Benda itu memberi tahu dengan bergerak-gerak sehingga terdengar oleh yang empunya. Maka selamatlah diri dan harta benda dari ancaman maling tersebut.
Percaya atau tidak, secara tidak langsung saya pernah mengalami keanehan dari sebuah besi tua. Saat itu saya membawa keris yang diperuntukan sebagai hisan, dan akan pulang melalui bandara Juanda Surabaya. Keris itu saya simpan dalam koper, namun anehnya benda itu lolos dan tidak terdeteksi oleh alat pendeteksi. Suatu pengalaman yang sampai saat ini menjadi tanda tanya saya, mengapa sampai terjadi hal yang demikian. Wallahualam.

Prestise
Alasan lain yang lebih dominan dari para kolektor cincin batu dan besi tua adalah karena alasan prestise dan alasan untuk perhiasan. Batu merahnya misalnya, yang katanya apabila direndam dalam air, maka air itu akan berbah menjadi warna merah pula. Dan menjadi bening kembali jika cincin batu tadi diangkat dari air. Karena sifatnya yang demikian itu sehingga menyebabkan batu jenis ini harganya melambung tinggi sampai puluhan juta rupiah. Suatu kekuatan yang ajaib dari sebuah benda mati.
Kita sering pula menyaksikan seseorang mempergunakan cincin batu hampir disemua jarinya. Itu tidak lain karena alasan peruntungan nasib, perisai diri, dan juga karena prestise tadi. Keyakinan terhadap kekuatan dibalik cincin-cincin batu tadi telah mendorong orang untuk memakainya ke seluruhnya jarinya.
Tidak itu saja, memang bentuk, warna, dan urat-urat batu yang sudah dilicinkan tampak indah dipandang mata. Sehingga menimbulkan daya tarik bagi seseorang untuk memilikinya sebagai perhiasan dijarinya. Bila demikian, maka harganya pun juga akan selangit. Cincin yang melekat di jari seseorang adalah sebagai perlambang kegagahan dan kejantanan seorang pria sejati. Kalau emas banyak dimintai wanita sebagai perhiasan, maka cincin batu dengan berbagai kekuatan yang terkandung di dalamnya menjadi incaran setiap pria.

Perlu Kajian
Benar tidaknya kekuatan yang terkandung di balik cincin-cincin dan besi-besi tua itu, kiranya perlu pengkajian/penelitian secara khusus dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu. Walaupun menurut ilmu agama (khususya agama Islam) mempercayai benda-benda dengan kekuatannya adalah termasuk syirik. Dengan tidak bermaksud melemahkan tinjauan dari sisi agama, sekali lagi kandungan/partikel-partikel yang terdapat dalam batu/besi-besi tua tersebut kiranya perlu diteliti, termasuk ajian kebal (unsur yang terkandung dalam untalan taguh). Apakah memang ada zat tertentu yang bersenyawa dalam benda tersebut, atau memang ada sesuatu kekuatan lain yang melekat pada benda-benda tersebut, atau karena hanya faktor psikologis sehingga seolah-olah benda tersebut memiliki kekuatan.
Memang kekuatan itu sulit dicerna oleh akal, karena tidak ada data/bukti penelitian. Namun sebaliknya, jika para peneliti dapat menjelaskan dengan pembuktian ilmiah tadi, niscaya akan merupakan suatu prestasi bagi perkembangan agama Islam. Karena dengan pembuktian itu akan mengurangi kepercayaan yang berlebihan terhadap benda-benda mati yang bermuara pada syirik.
Timbulnya kepercayaan yang berlebihan itu memang tidak lepas dari pengalaman-pengalaman yang terdahulu sehingga sulit menghilangkannya. Mau dihilangkan tapi dibutuhkan. Mau dilestarikan dikhawatirkan menimbulkan syirik. Dalam hal ini maka penilaian dikembalikan pada pribadi masing-masing. Syirik atau tidak, wallahualam. (Syafruddin)
»»  Baca Selengkapnya...